Apakah Tulisan di Blog Anda Dibaca Orang?

Banyak personal blogger (penulis blog pribadi) yang terlalu percaya diri bahwa tulisan-tulisan di blog mereka akan dikunjungi dan dibaca orang lain. Padahal ketika pertama kali kita membuat dan menulis blog, sama halnya kita seperti membangun sebuah restoran di tengah hutan. Tidak ada yang dapat melihat dan tahu keberadaan restoran kita. Lantas darimana seseorang akan datang berkunjung?
Ketika kemudia menyadari bahwa tulisan-tulisan mereka kemudian hanya terpampang dengan sia-sia di lembaran-lembaran blog, para blogger inipun mulai beraksi. Blogwalking ke beberapa blog yang ia jumpai dan mengisi komentar sambil meninggalkan jejak berupa link alamat blognya. Biasanya cara ini memang cukup berhasil menjaring pengunjung dari kunjungan-kunjungan balik blogger lainnya yang menerima komentar anda.
Sayangnya kemudian para blogger berlomba-lomba blogwalking alias mengunjungi blog sebanyak-banyaknya sekaligus meninggalkan komentar sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kunjungan balik sebanyak-banyaknya juga. Mereka pun terjebak dalam perlombaan ini sehingga tidak memiliki waktu untuk membaca tulisan pada blog yang dikunjungi dan hanya meninggalkan komentar-komentar umum yang tidak berarti, bahkan cenderung bersifat komentar spam dan junk (sampah).
Blog-blog pun tampak ramai dengan banyaknya komentar, namun ternyata tulisan-tulisan yang sudah dengan susah payah dibuat, masih tetap tidak dibaca. Lantas untuk apa anda ngeblog???
Menulis blog adalah menulis sesuatu untuk dibaca orang, tapi sebagai blogger harusnya kita juga bisa menulis untuk search engine. Untuk apa? Yah, karena search engine adalah sarana yang paling ampuh untuk mendatangkan pengunjung yang sekaligus juga akan membaca isi blog anda. Karena biasanya pengunjung yang datang dari search engine adalah pengunjung yang benar-benar sedang mencari informasi yang ada dalam blog anda. Jadi hampir dapat dipastikan mereka akan membaca tulisan anda meskipun tidak dijamin apakah akan dibaca sampai selesai atau tidak. Sementara kunjungan sesama blogger kebanyakan hanya untuk meninggalkan komentar untuk memancing anda melakukan hal yang sama sebaliknya.
Lantas bagaimanakah cara menulis untuk search engine? Tunggu postingan selanjutnya.

0 Response to "Apakah Tulisan di Blog Anda Dibaca Orang?"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme